Rabu, 16 Maret 2011

Bicara, Bicara dan Bicara


Ungkapan "Diam adalah emas" sepertinya tidak akan berlaku bagi Anda yang ingin mengejar mimpi untuk mencapai kesuksesan. Karena kalau hanya diam, tanpa menunjukan potensi Anda, maka jangan harap orang lain akan mengenal Anda sepenuhnya.

Dalam hal ini, ketekunan dalam bekerja saja tidak cukup untuk bisa membuat Anda merambah ke posisi yang lebih tinggi di perusahaan. Suara Anda pun juga termasuk ikut andil dalam menunjukkan seberapa besar potensi dan kontribusi Anda terhadap perusahaan.

Maka dari itu, jangan pernah takut untuk menyuarakan ide, masukan dan pemikiran cemerlang Anda kepada atasan.

Sadari nilai lebih Anda

Jangan ragu untuk memuji kinerja Anda sendiri, saat semua urusan dan pekerjaan dapat terlesaikan dengan baik. Anda bisa mempraktekkannya di rumah atau toilet kantor. Katakan, "Saya berhasil. Saya mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Saya profesional."

Dengan begitu, Anda bisa membangun rasa percaya diri Anda bahwa Anda pun memiliki kemampuan yang patut menjadi perhitungan atasan Anda. Selain itu juga, jangan bosan-bosan untuk me-review pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada atasan. Dengan begitu Anda bisa meminimalisir kekurangan di sana-sini.

Keluar dari bayang-bayang rasa rendah diri

Tentu Anda pernah menonton tayangan 'Betty La Fea' atau Betty jelek, sekretaris pintar yang "diasingkan" oleh rekan-rekan kerjanya, hanya karena penampilannya yang out of date dan tidak gaul. Namun akhirnya, Betty mampu mendobrak "kebisuan" dirinya sendiri dengan melakukan perubahan dalam dirinya.

Betty La Fea memang hanya tokoh rekaan sebuah telenovela asal Kolumbia. Namun ceritanya bisa menjadi insipirasi banyak orang. Jika hanya bersembunyi di balik bayang-bayang kekurangan diri, maka itu sama saja dengan memenjarakan diri sendiri.

Tunjukkan inisiatif Anda

Bukan berarti kalau Anda menujukkan inisiatif untuk terlibat dalam penyelesaian sebuah proyek yang tengah dirundung masalah - dimana Anda memiliki kapabilitas dalam menangganinya berarti Anda sok tahu dan ingin cari perhatian atasan. Tidak sama sekali!

Justru disaat kepanikan tengah melanda perusahaan, dan Anda bisa ikut memberikan solusi yang baik untuk permasalahan tersebut, maka bukan tidak mungkin, atasan yang selama ini hanya menggangap kemampuan Anda sama saja dengan pegawai lainnya (standar), maka akan memberikan sinyal positif untuk memberikan reward untuk usaha keras Anda.

Bicara saat rapat

Berhentilah menjadi pendengar sejati saat rapat tengah berlangsung. Jangan sia-siakan kesempatan Anda untuk ikut menyumbangkan ide-ide cemerlang Anda yang bisa memajukan perusahaan.

Karena tentu atasan Anda tidak akan menanyakan satu per satu pendapat/masukan dari anak buahnya yang jumlahnya puluhan atau bahkan ratusan. Maka dari itu, buka "gembok" di mulut dan kemukakan pemikiran Anda di forum tersebut. (Dee)

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

DOWNLOADS


CHEK LIST LAPORAN BULANAN FK FT>> KLIK DISINI
BETON DAN PENGUJIAN SLAM>> KLIK DISINI
PERKIRAAN PENGGUNAAN DOK>> KLIK DISINI
SOP LAPORAN BULANAN FK FT DAN AFK>> KLIK DISINI
OUT LINE LAPORAN FK FT>> KLIK DISINI
DOKUMEN PENCAIRAN BKPG PERUBAHAN 2010>> KLIK DISINI
SOP PELAPORAN FASILITATOR PNPM TERBRU>> KLIK DISINI
PTO PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA (PPD)>> KLIK DISINI
BAHAN BACAAN MUSREMBANG KEC>> KLIK DISINI
BACAAN TAMBAHAN MUSREMBANG KEC.>> KLIK DISINI
SURAT DIRJEN PETUNJUK PNPM 2011>> KLIK DISINI
PETUNJUK PNPM 2011>> KLIK DISINI

PERTANYAAN DAN TANGGAPAN

Copyright © 2012. PNPM BKPG KAB ACEH BESAR - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz