Rabu, 16 Maret 2011

Sukses Bekerja Dalam Tim


Bekerja dalam sebuah tim kerja memang tidak boleh dianggap enteng. Dengan banyaknya personel yang tergabung dalam tim kerja, bukan berarti bisa dijadikan ajang mengandalkan kemampuan anggota lainnya.

Sebaliknya, bekerja dalam tim merupakan kesempatan bagi Anda untuk berbagi ide. Karena, dengan banyaknya "kepala" dalam proyek kerja akan lebih mudah daripada bekerja seorang diri untuk proyek bisnis yang besar.

Selain itu, bekerja dalam tim juga bisa diadikan ajang untuk belajar menghargai ide dan kemampuan orang lain, serta Anda pun bisa menjadikannya sebagai tolak ukur mengenai kehandalan Anda bekerja dalam sebuah kelompok.

Dan untuk menyukseskan tugas yang diberikan pada tim kerja Anda, berikut tipsnya. Semoga membantu.

1. Saling menghargai
Percuma saja, jika dalam kerja tim, ada segelintir orang yang ingin terlihat menonjol. Kerja tim bukan ajang untuk "unjuk gigi", melainkan sikap saling menghargai-lah yang dibutuhkan dalam hal ini.

Jadi hargailah setiap ide dan pendapat dari setiap anggota dan singkirkanlah ego, karena kalau hanya mendahulukan kepentingan pribadi, maka jangan salahkan kalau dateline kerja Anda akan semakin mundur.

2. Lakukan sesuai porsi
Ikut menyumbangkan ide-ide cemerlang memang akan menambah nilai potensi Anda di mata rekan-rekan kerja dan juga perusahaan. Namun jika memang Anda tidak sepenuhnya paham dengan kendala yang sedang menghambat kerja tim, sebaiknya tidak perlu menjadi "pahlawan kesiaangan".

Berbuatlah sesuai dengan kemampuan, namun jangan pula merasa rendah diri terhadap rekan kerja. Dengan begitu Anda akan merasa lebih enjoy dalam menjalankan tugas yang tengah dipukul bersama dan Anda bisa fokus menyelesaikan apa bagian tugas Anda.

3. Jangan kebanyakan ngobrol
Ada beberapa orang, ditambah dengan suasana meeting yang dikemas sersan alias serius tapi santai, tentu akan menarik minat untuk menggelar ajang rumpi sana, rumpi sini. Ingat! Anda tidak sedang berada dalam sebuah kelompok arisan atau acara hang out.

Kalau agenda diskusi sudah berubah menjadi ajang obrolan hal-hal diluar pekerjaan, sebaiknya hentikan, dan segera kembali ke agenda pembicaraan. Karena jika dibiarkan berlarut-larut, kapan pekerjaannya akan selesai.

4. Jangan terlalu diforsir
Kejenuhan bisa saja datang setiap saat. Namun jangan jadikan hal itu sebagai alasan untuk mengendurkan kinerja Anda dan tim. Dan kalau rasa jenuh itu memang dirasa sudah sangat melekat di setiap anggota tim kerja, ada baiknya untuk mengambil rehat selama 1-2 jam untuk merileks-kan pikiran.

Percuma saja kalau terus dipaksakan memeras pikiran, nantinya bukan hasil kerja yang memuaskan, justru hanya akan membuat sia-sia pekerjaan Anda dan tim, karena hasil yang tidak maksimal. (Dee)

Sumber: hanyawanita.com

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

DOWNLOADS


CHEK LIST LAPORAN BULANAN FK FT>> KLIK DISINI
BETON DAN PENGUJIAN SLAM>> KLIK DISINI
PERKIRAAN PENGGUNAAN DOK>> KLIK DISINI
SOP LAPORAN BULANAN FK FT DAN AFK>> KLIK DISINI
OUT LINE LAPORAN FK FT>> KLIK DISINI
DOKUMEN PENCAIRAN BKPG PERUBAHAN 2010>> KLIK DISINI
SOP PELAPORAN FASILITATOR PNPM TERBRU>> KLIK DISINI
PTO PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA (PPD)>> KLIK DISINI
BAHAN BACAAN MUSREMBANG KEC>> KLIK DISINI
BACAAN TAMBAHAN MUSREMBANG KEC.>> KLIK DISINI
SURAT DIRJEN PETUNJUK PNPM 2011>> KLIK DISINI
PETUNJUK PNPM 2011>> KLIK DISINI

PERTANYAAN DAN TANGGAPAN

Copyright © 2012. PNPM BKPG KAB ACEH BESAR - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz